Wednesday 28 October 2015

Reparasi TV berwarna Hilang Gambar ( Gelap ) Tapi Suara Normal

Reparasi TV berwarna Hilang Gambar ( Gelap ) Tapi Suara Normal

Malam mas bro... Kali ini saya akan posting pengalaman pribadi saya, memperbaiki tv yang berawal dari sewaktu pulang kerja ada teman yang menghampiri saya dan bertanya kepada saya, bisa gak perbaiki tv saya, dan langsung saya jawab insyaAlloh BISA. dan langsung saya tanya keluhan tv nya sama pemiliknya, katanya tv nya seperti Radio yang terdengar cuma suaranya saja, tapi gambar tidak muncul (gelap). Dan langsung pemiliknya saya suruh antar tv nya kerumah saya. Setelah diantar kerumah, saya lihat merk TV nya Sharp Piccolo seri 21ES353E2 yang di bilang seperti radio nggak ada gambar tapi suara normal itu.



Setelah mandi dan beristirahat sejenak pemeriksaan tv pun di mulai dengan membuka tutup casing belakang, dan membersihkan PCB dari kotoran debu yang menempel menggunakan kuas garing, sambil lihati bagian komponen apakah ada yang mencurigakan, berubah bentuk, ternyata masih bagus semua tidak ada elco yang menggembung, setelah itu kemudian mencoba menyalakan tv untuk mencari tahu penyebab layar tidak bisa muncul gambar, begitu tombol tv ditekan mak ceklek...tampak ada getaran halus yang berasal dari FBT di sertai kilatan kecil di layar dan saya coba dekatkan tangan ke depan layar bulu bulu tangan saya terasa tertarik pertanda mesin tv ini masih bisa bekerja dengan bagus, dan terdengar suara music dari dvd yang saya colokan ke tv ini. Namun pada layar tetap tidak mengeluarkan gambar (peteng ndedet) seperti sedang mendengarkan siaran radio.




Saya ukur tegangan IC vertical LA78040B pin 2 dan 6 terbaca 30Volt masih normal, Terlihat juga lampu filamen heater nyala, saya ukur ada tegangan 180Volt untuk RGB, diteruskan ke katoda RGB normal semua dan terakhir cek tegangan Screen/G2 ternyata 0 volt, Wahhh....pasti ada masalah disini, Tabung CRT rusak ikii!! Kemudian saya matikan TVnya dan saya coba melepas modul Matrix RGB saya coba nyalakan lagi, kemudian saya cek tengangan G2 keluar 150v, langsung saja CRT ukur pin G2 dengan G1 pakai Ohmmeter selektor X1K, Achh.....ternyata jarum ohmmeter bergerak kekanan menunjuk sekitar 20kohm, ini berarti pin G2 CRT sudah agak short ke pin G1 akibat adanya kotoran. Gangguan short pin G2 ke G1 pada CRT Sharp Piccolo seperti ini sering ditemui, tegangan grid screen yang drop mengakibatkan layar menjadi peteng ndedet gelap dan hanya terdengar suara saja yang normal, padahal usia tv ini baru 16 bulan saja kata temen saya berada di tangannya dan tentunya membuat sakit hati gelooo....
Memang agak mengherankan produk tv sekarang ini cepat sekali rusak jika dibandingkan dengan keluaran jaman dahulu yang bisa bertahan sampai di atas 6 tahunan.



Ya sudahlah terlepas dari itu semua saya akan mencoba mengatasi masalah ini dengan cara menyuntikkan strumm tegangan tinggi atau menembak pin G2, dan supaya lebih yakin lagi kemudian saya cek ulang kembali hubungan antara pin CRT mulai dari kiri ke kanan atau searah jarum jam (N.C - G1 - KG - G2 - KR - H1 - H2 - KB - N.C) Tetap saja mendapati kenyataan bahwa G2 memang sudah agak short ke G1 (Ground). 



Gambar Pin Katoda CRT



Untuk meyakinkan keyakinan saya dan menyamakan hasil diagnosa saya coba berkunjung ke google.com dan mencari dengan kata "TV hilang gambar suara ada" dan disitu banyak sekali ditemui kerusakan seperti ini. setelah baca baca dan mendapat dukungan pengetahuan, saatnya untuk melakukan penyuntikkan dengan cara saya sendiri, menggunakan trafo step down 1ampere  220volt/20volt dan Coil bekas sepeda motor yang masih bagus, pertama tama persiapannya yaitu lepaskanlah kabel screen , kapasitor screen 103/1kv, serta ambil seutas kabel dan saklar on/off. Pertama-tama ujung kabel coil sepeda motor di solderkan ke titik Screen kaki socket CRT G2 dan kabel coil bagian ground sambung ke ground tv dan salah satu output trafo 20 volt. output trafo 20 volt satunya sambung ke saklar on/off terus sambung lagi ke input coil bekas sepeda motor.

Tujuan pemakaian saklar on/off adalah sebagai putus-sambung aliran tegangan trafo untuk memberi sumber coil bekas sepeda motor yang output coil ini besar sekali tegangan keluaranya tergantung dari tegangan input yang siberikan ke coil. Tegangan output coil bekas sepeda motor ini biasanya terhubung ke busi disini yang nantinya akan di suntikan ke titik Screen supaya grid G2 bisa terlepas dari grid G1. 
Saya menggunakan cara ini karena saya mboten nggadah alat khusus tembak CRT dan mau coba coba.
meskipun resiko tetap ada !

Setelah semuanya peralatan tembak dah dirakit dan di rasa sudah cukup, tancap kembali soket RGB pada crt, cek ulang sekali lagi agar tidak ada yang terlewatkan dan tidak lupa pasangkan cermin di depan layar kemudian colokkan trafo 1 amper tadi kestop kontak dan pencet saklar on/off yang dari coil untuk tembak G2 tadi kira 2 - 3 kali jangan lama lama, jangan lupa heater sebelumnya harus diberi tegangan dulu 6 Vac terus matikan dan baru saklar on/off tembak dipencet2. Setelah itu cabut matikan alat tembak tadi dan cabut soket RGB nya dan ukur dengan ohm meter X1K pin G1 dan G2 masih menyimpang gak jarumnya, kalau sudah gak menyimpang pasang kembali kabel screen dan kapasitor 103/1kv dan tancapkan lagi ke CRT, Dan segera nyalakan TV.. tancap kabel kestop kontak dan pencet tombol power tv ceklekk....mak...byyaarrrr.... selamat anda beruntung...




Alhamdulillah...raster langsung muncul cahaya putih dan atur vr di FBT dan colokan kabel dvd ke input tv putar music gambar pun dah ada lagi... di coba sampai habis 1 kaset gak ada kendala dan matikan tv tutup kembali casing belakang tv dan tinggal tunggu bayaran....

PERINGATAN!!! JANGAN COBA-COBA REPARASI SENDIRI KALAU ANDA BARU PEMULA, RAWAN TERSENGAT LISTRIK TEGANGAN TINGGI!

Selamat mencoba.... semoga bermanfa'at....
Jangan lupa untuk di share ke teman-teman anda.



Silahkan baca artikel menarik lainnya :
*· Mengenal Sistem Kelistrikan Kendaraan Sepeda Motor

*· Tips dan Trik Perbaikkan Power Supply PC ATX-H500PV

*· Modif / Oprek Power Ampli 200 Watt

*· Cara Memperbaiki Gacun / Modul Power Supply Universal Serba Guna

2 comments:

  1. Berarti alat yang dirakit untuk tembak tidak dipasang selamanya ya pak? :)

    ReplyDelete
  2. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungan mas Con saputra. Untuk alat itu tidak dipasang ditv cuma untuk membersihkan kotoran yang menempel dikatoda CRT yang menyebabkan terjadinya hubung singkat di salah satu katoda tabung CRT. begitu...

    ReplyDelete